Persiapan, peluang, modal, jenis bisnis laundry kiloan

bisnis laundry kiloan

Siapa yang dapat membayangkan, jika usaha yang terlihat sepele, yakni mencuci pakaian orang lain bisa menjadi booming seperti sekarang ini. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi sehingga munculnya alat mesin cuci, kini kita tidak perlu lagi susah dalam mencuci pakaian. Namun, bagi orang yang memiliki jiwa wirausahawan, ternyata ini bisa menjadi bisnis / peluang baru.

Laundry, ini adalah istilah keren bisnis cuci pakaian. Hampir sebagian besar pengusaha jasa laundry menggunakan embel-embel “laundry” dalam usahanya. Jadi kita tidak asing lagi dan dapat langsung menebaknya.

Jenis bisnis jasa laundry

Bagi kalian yang ingin membuka jasa laundry, tentu memiliki strategi atau pilihan dalam usaha laundry.

1. bisnis laundry pakaian khusus

Pilihan ini menjadi alternatif bagi konsumen / pemakai jasa saat ingin me-laundry-kan pakaian khusus mereka, seperti pakaian dengan kualitas baik dan mahal seperti jas dan lain-lain. Ada rasa khawatir bila pakaian mahal kita menjadi rusak sehingga sebagian orang rela mengeluarkan “uang lebih” untuk mencucinya. Ada lagi dengan kain khusus, seperti karpet maupun tenda yang membutuhkan perlakuan khusus saat membersihkannya sehingga kita bisa memasang tarif tertentu jika ada pemakai jasa laundry yang ingin mencucikannya.

2. bisnis laundry kiloan

Pemasukan terbesar ada pada jenis jasa ini. Jenis jasa inilah yang selalu dibutuhkan konsumen. Daripada repot dengan menghitung tumpukan pakaian serta menaksir harganya, cukup menimbang pakaian kotor yang akan dicuci. Tentunya sebelum itu kita harus menentukan tarif setiap kilonya.

Persiapan membuat bisnis laundry

1. Tempat yang strategis

Mengingat harga tanah yang setiap tahun semakin mahal, kita tidak perlu memaksakan diri untuk membeli tanah untuk usaha ini dengan mencari modal yang besar yang menyulitkan kita nantinya. Bila anda memiliki modal yang pas-pasan, anda cukup memakai rumah anda sendiri untuk memulai bisnis laundry kiloan ini. Namun posisi / tempat strategis tetap dibutuhkan dalam menjalani setiap usaha. Jadi saat kita sudah memiliki modal yang cukup, kita bisa menyewa sebuah stan/toko untuk bisnis laundry ini.

2. Pengetahuan

Cara mencuci pakaian tentunya tetap dibutuhkan dalam menjalani bisnis ini. minimal anda harus segera menguasai teknik /standar menggunakan mesin cuci. Termasuk pengetahuan dalam mengeringkan pakaian berdasarkan jenis pakaian / kain.

3. Peralatan pelengkap

Mulai dari keranjang, rak, dan kursi harus disiapkan termasuk dengan meja yang nantinya akan digunakan sebagai tempat menyetrika.

4. Karyawan

Bila usaha mengalami kemajuan dengan pemakai jasa yang semakin banyak, kita tentunya membutuhkan bantuan orang lain. Kita bisa mengangkat karyawan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk mentraining karyawan anda.

5. Bahan mencuci

Mulai dari deterjen, penghilang noda, pelicin pakaian, parfum laundry dan lainnya harus disiapkan dengan matang. Kita bisa kualitasnya dengan menyesuaikan budget. Usahakan memakai kualitas yang baik.

Kendala bisnis laundry

Kendala yang mungkin terjadi misalnya hujan ataupun listrik mati yang dapat menghambat proses pencucian. Untuk kendala hujan, bisa diatasi dengan alat pengering / Dryer. Namun bila listrik mati, cukup berdoa saja agar listriknya bisa nyala kembali :).

Modal awal bisnis laundry kiloan

Harga ini mungkin tidak bisa menjadi patokan, karena harga disetiap daerah mungkin memiliki perbedaan. Untuk anda yang barusan memulai bisnis jasa laundry kiloan ini, bisa membeli alat minimal yang dibutuhkan.

Barang                   Jumlah       Harga
Mesin Cuci                 2        Rp.4.500.000
Setrika Listrik            2            Rp.500.000
Perabotan dan lain-lain       Rp.5.000.000 +
Total                                  Rp.10.000.000

Jadi dengan modal 10 juta saja anda sudah bisa memulai bisnis laundry. Murah bukan? jika anda maksimalkan sehari 100kg omset pendapatan anda Rp. 5000 x 100kg = Rp. 500.000 per hari atau Rp. 10jt per bulan .. sedangkan untuk bertahan dalam usaha ini anda hanya perlu Rp. 7jt per bulan (untuk bayar operasional usaha, karyawan, dan kebutuhan pribadi anda).

Selagi masih bujangan .. segera mulai usaha ini .. apalagi anda dekat kampus yang banyak kos anak kuliah nya.

Yang namanya wirausahawan, pasti melihat peluang bisnis semaksimal mungkin. Anda bisa menambah usaha yang tidak mengganggu kelancaran bisnis laundry itu dengan membuka usaha/ bisnis pulsa. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menjalani bisnis laundry.

 

Persiapan, peluang, modal, jenis bisnis laundry kiloan
Persiapan, peluang, modal, jenis bisnis laundry kiloan
Jenis bisnis laundry kiloan
Silahkan berdiskusi..
Post Tagged with , ,

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This