Membuka jasa cuci helm

Jasa yang satu ini terbentuk mengikuti perkembangan jaman. Jasa cuci helm, adalah jasa yang menawarkan pencucian helm ditempat dengan waktu yang relatif singkat sehingga bisa ditunggu oleh pengguna jasa tersebut. Beberapa tahun yang lalu, sebelum digalakkannya “Safety riding”, para pengendara motor bisa menggunakan helm yang sangat simpel, biasanya disebut helm cebok / proyek karena helm itu bahkan bisa dimanfaatkan sebagai gayung untuk mandi. Helm tersebut gampang untuk dibersihkan sendiri. Sampai setelah munculnya peraturan safety riding, yang mengharuskan para pengendara motor memakai helm SNI yang dapat melindungi keseluruhan kepala dari benturan.

Menariknya usaha ini

Alasan orang untuk memakai jasa cuci helm ini adalah banyak orang yang tidak mengerti cara mencuci helm SNI yang bagian dalamnya rumit untuk dibersihkan.untuk mencuci helm, membutuhkan waktu yang lama mulai dari merendam bagian dalam helm ke bak air, menyikatnya secara menyeluruh serta membutuhkan waktu yang lama untuk mengeringkannya. Hal itu menjadi alasan utama diciptakannya alat mencuci helm khusus. Sebagian orang menjadikan cuci helm tersebut sebagai usaha karena dibutuhkan oleh pemilik helm yang kadang malas untuk mencuci helmnya. Dengan memakai jasa pencucian helm, pemilik helm cukup menunggu sekitar 1,5 jam sehingga helm mereka menjadi bersih kembali. Meskipun pemilik helm malas untuk mencuci helmnya, faktor kebersihan helm / kesehatan menjadi pendorong mereka agar mencuci helmnya meskipun harus menggunakan jasa.

Modal pembelian alat

Untuk mencuci helm secara cepat dan maksimal, kita membutuhkan beberapa modal seperti:

Peralatan khusus mencuci helm : Rp. 5.000.000
Meja / rak / Kursi                    :    Rp. 500.000
Sewa tempat                            : Rp. 3.000.000 / tahun
Bahan pembersih                      :    Rp. 500.000

Yang bila ditotal sekitar Rp 9 juta untuk memulai bisnis cuci helm. Harga diatas hanya gambaran kasar untuk modal utama yang dibutuhkan, belum termasuk biaya listrik dan air serta pegawai untuk usaha ini. Untuk cuci helm sendiri butuh waktu sekitar 1,5 jam sehingga kita harus menyediakan beberapa kursi untuk konsumen.

Peralatan dan

Usahakan untuk membeli peralatan yang lengkap serta berkualitas untuk memulai jasa ini. Untuk menarik perhatian, tawarkanlah servis yang murah serta cepat karena hal ini yang lebih dibutuhkan oleh pemilik helm. anda juga bisa memberi kupon gratis bagi pelanggan tetap.

Promosi / Lokasi strategis

Berikut lokasi yang strategis untuk membuka jasa cuci helm:
Buatlah banner yang besar dan menarik perhatian, serta buatlah brosur untuk dibagikan ke tempat umum atau sekitar. Hal tersebut dapat menarik pengunjung untuk memakai jasa helm yang kita miliki.
Pemilihan lokasi menjadi hal yang penting, bila kita ingin usaha kita ramai, tempat yang tepat untuk buka jasa cuci helm adalah misalnya didekat jasa cuci sepeda motor, saat orang mencuci motornya, biasanya mereka tertarik untuk mencuci helmnya sekaligus karena dapat menghemat waktu untuk menungguinya atau bisa juga diidekat parkir motor / mal, selagi melakukan aktifitas lain, mereka tertarik untuk mencuci helmnya.