Membuka usaha jasa antar jemput anak sekolah

Kesibukan sebagian orangtua dalam pekerjaannya saat pagi hari membuat mereka kerepotan saat mengantarkan anak ke sekolah. Dengan lokasi sekolah yang jauh maupun perbedaan arah antara tempat kerja dengan sekolah membuat orangtua dibuat pusing untuk mengantarkan anak mereka. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, kita juga sekaligus dapat membuat sebuah jasa antar jemput sekolah.

Memulai usaha antar jemput anak sekolah

Meskipun kita mempunyai keinginan untuk segera membuka jasa, itu tidaklah cukup untuk memulai usaha ini. Dibutuhkan strategi tepat untuk terjun dalam usaha antar jemput sekaligus mengembangkannya. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mebuka peluang usaha ini.

1. Membangun kepercayaan orangtua

Tidak ada orangtua yang rela membiarkan anaknya berada pada orang yang tidak mereka kenal, baik secara langsung maupun identitas mereka. Hal ini bisa kita selesaikan dengan memperkenalkan jasa / usaha kita secara luas dan resmi, sehingga mereka dapat mempercayai kita untuk mengantarkan / menjemput anak mereka pulang dari sekolah.

2. Survei target / tempat strategis untuk dijadikan usaha

Kita harus menentukan rute cepat dan hemat yang akan nantinya akan dilewati mobil antar jemput. Kita tentu tidak bisa memasukkan sebuah pelanggan yang tempat/ rumahnya berbeda jauh dengan lokasi sekolah. Tentunya yang menjadi target pelanggan utama adalah orangtua yang memiliki rumah didaerah sekitar rute, sehingga dapat menekan ongkos perjalanan.

3. MEnentukan tarif

Umumnya tarif dalam antar jemput anak ke sekolah ini sekitar 700 ribu / bulan.
Bila mobil / minibus anda mengantar 8 anak perharinya, maka 700.000 x 8 = 5.600.000 /bulan. Ini pendapatan kotor yang didapat, belum terhitung ongkos bensin, gaji pegawai, maupun perawatan mobil. Pendapatan tersebut relatif tergantung tarif yang kita buat, serta banyaknya anak sekolah yang kita antar.

4. kualitas supir dan mobil

Kita bisa menjalankan bisnis / usaha ini secara sendirian, tentunya memiliki keahlian untuk mengendarai mobil atau bisa menyewa seorang supir. Pilihkan supir yang berkualitas dan bisa berinteraksi dengan baik kepada anak maupun orangtua. Kesan yang baik pada orangtua saat menjemput anak mereka dapat membuat orangtua senang dan tetap memakai jasa kita.

Untuk mobil, sebisa mungkin memakai mobil yang bagus dan terawat. Mobil harus bersih, karena setiap harinya akan dipakai untuk menjemput anak-anak ke sekolah.

5. Mencatat rapi aturan sekolah

Tidak semua pelanggan berasal dari satu sekolah yang sama. Karena itu terdapat aturan-aturan yang berbeda pula. Hal yang perlu kita lakukan adalah mencatat aktifitas sekolah seperti jadwal masuk, libur sekolah, program tambahan sekolah maupun hal lainnya sehingga kita dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.
Untuk memulai bisnis antar jemput anak sekolah ini tidak begitu sulit. Bila anda mempunyai mobil dengan kapasitas berpenumpang banyak, maka hal tersebut bisa anda manfaatkan untuk membuka jasa antar jemput.