Masa Depan Perbankan Bergerak Di Luar Layanan Keuangan

masa depan bisnis perbankan di era digital

Masa depan perbankan akan terlihat jauh berbeda dari hari ini dan akan melampaui layanan keuangan. Ada peluang unik untuk memanfaatkan wawasan yang dimiliki bank dan inovasi yang dapat mereka bangun, beli, atau kolaborasikan untuk menjadi pusat kehidupan sehari-hari konsumen. Pertanyaan umum yang mungkin timbul adalah siapa yang bersedia menerima tantangan?

Masa Depan Perbankan Lebih Luas Dari Sekedar Layanan Transaksi Keuangan

Perusahaan-perusahaan Fintech dan organisasi-organisasi bigtech memunculkan rantai nilai perbankan yang variatif. Mulai dari menyediakan layanan seperti pembayaran, memeriksa dan bahkan membuka rekening tabungan yang dapat mengikis banyak pendapatan bank tradisional di masa mendatang.

Pendatang baru ini menimbulkan ancaman bagi bank dengan meningkatkan ekspektasi layanan dan datang di antara bank dan pelanggan mereka.

Dampak guncangan teknologi keuangan tidak hanya sampai pada penutupan cabang bank saja.  ayanan saat ini “lebih digital”, meningkatkan penawaran perbankan online dan seluler atau membuat produk. Oleh karena itu, perbankan harus bergerak lebih jauh ke dalam kehidupan sehari-hari pelanggan, memberikan bantuan sebelum, selama, dan setelah transaksi keuangan.

Perilaku dan harapan pelanggan dengan cepat disesuaikan dengan dunia di mana produk dan layanan direkomendasikan berdasarkan perilaku masa lalu dan di mana penawaran berbasis lokasi disediakan secara instan di perangkat seluler mereka. Nasabah perbankan tidak ingin pergi ke cabang untuk berbagai hal. Mereka menginginkan informasi keuangan dan kemampuan untuk bertransaksi menggunakan ujung jari.

Masa Depan Perbankan di “Ujung Jari”

Masa depan perbankan akan memanfaatkan sejumlah besar wawasan yang dimilikinya untuk menjadi pusat ekosistem digital finansial dan non-keuangan. Ini akan menggabungkan kemampuan internal dengan inovasi eksternal untuk menjadi agregator nilai, penyedia saran dan fasilitator akses. Alih-alih perspektif kaca spion, itu akan memberikan konsumen dengan tampilan GPS kehidupan keuangan mereka di masa depan. Daripada pemberitahuan overdraft, akan ada peringatan dan rekomendasi keseimbangan rendah.

Alih-alih “menjual”, masa depan perbankan akan berinteraksi mirip dengan Amazon dan Google, mendapatkan wawasan dan semakin pintar dengan setiap interaksi. Penawaran dan peluang akan disajikan secara waktu nyata, berdasarkan apa yang terjadi pada momen di perangkat seluler yang selalu aktif. Perbankan, seperti yang kita kenal sekarang, akan menjadi tidak terlihat dan tanpa batas, memberikan dukungan berbasis wawasan untuk perdagangan, komunikasi dan membuat hidup lebih mudah secara keseluruhan.

Dengan memanfaatkan kekayaan data transaksi yang dikonsolidasikan atas nama konsumen, tanpa berbagi wawasan di luar izin, perbankan di masa depan akan menjangkau penyedia pihak ketiga dan pemain kunci lainnya yang tepat untuk membangun pengalaman pelanggan digital yang menggabungkan ponsel, data besar, analitik, pemasaran digital, dan banyak lagi.

Berbeda dengan menawarkan solusi kepada konsumen dengan biaya yang lebih tinggi, mereka akan dapat menurunkan biaya dan menyederhanakan akses ke produk dan layanan atas nama konsumen. Selain itu, organisasi perbankan di masa depan akan dapat melakukan hal ini sambil mengurangi biaya back-office, meningkatkan kecepatan pengiriman solusi, meningkatkan pendapatan dan membangun solusi.

Organisasi perbankan yang modern akan memanfaatkan API dan cloud untuk memberikan portofolio solusi yang disesuaikan dan dipersonalisasi untuk situasi individual konsumen pada saat tertentu. Ini akan mencakup beberapa opsi bagi konsumen untuk dipilih. Beberapa di antaranya mungkin disediakan oleh organisasi yang pernah menjadi pesaing. Solusi ini juga akan melampaui solusi digital, untuk memasukkan interaksi manusia jika sesuai untuk pelanggan. 

Manfaat Ekosistem Perbankan Modern

Untuk organisasi perbankan, mereka akan mendapat manfaat dari ekosistem perbankan baru dengan meningkatkan interaksi dan keterlibatan pelanggan. Kerterlibatan aktif menjadi lebih kuat karena nasabah bank dan anggota serikat kredit menikmati manfaat dari mitra keuangan yang dapat mengantisipasi kebutuhan mereka, mencari mereka dan menghargai mereka atas kesetiaan mereka dengan merekomendasikan solusi yang ideal.

Nasabah perbankan akan menikmati pengalaman yang lebih baik yang dapat menghemat waktu dan uang mereka, dengan hubungan yang lebih pribadi. Mereka memperluas hubungan karena tidak ada organisasi lain yang memiliki wawasan yang dilakukan oleh organisasi utama mereka. Pedagang dan penyedia layanan juga mendapat manfaat dari wawasan pelanggan bank melalui penargetan penawaran yang ditingkatkan dan peningkatan volume penjualan.

Dengan bertindak sebagai agregator nilai digital, bank dihargai dengan hubungan yang lebih dalam. Ini termasuk peningkatan loyalitas, dan peningkatan profitabilitas.

solusi IT untuk perusahaan fintech dan retail
Masing-masing kemampuan tersebut telah tersedia dan dapat diakses sekarang ini, meskipun dalam bentuk yang belum sempurna. Masing-masing memiliki kekuatan untuk mengubah perbankan tradisional dalam meningkatkan layanan, perbankan terbuka, kolaborasi, dan pembelajaran mesin.

Pertanyaannya adalah apakah bank tradisional akan memanfaatkan data dan kemitraan secara revolusioner?

Untuk menjadi industri yang berkelanjutan, organisasi perbankan tradisional tidak bisa hanya mengandalkan penyediaan rekening perbankan dan akses ke dana. Pesaing menggerogoti bagian penting dari rantai nilai perbankan dengan potensi membatasi bank menjadi tidak lebih dari utilitas.

Masa depan industri perbankan akan bergantung pada kemampuannya untuk memanfaatkan:

  • kekuatan wawasan pelanggan
  • analisis canggih, dan
  • teknologi digital

Ketiga hal tersebut berguna untuk menyediakan layanan yang dapat membantu pelanggan dengan memahami teknologi saat ini untuk mengelola keuangan mereka dan mengelola kehidupan sehari-hari mereka dengan lebih baik.

Jika jasa keuangan harus memiliki visi yang lebih luas dari ekosistem perbankan. Bagaimanapun, pesaing (kemungkinan besar organisasi bigtech) akan memasukkan diri ke dalam proses pembelian. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan wawasan konsumen yang berharga yang telah menjadi domain industri perbankan, memberikan apa yang diharapkan konsumen hari ini (dan di kemudian hari).

Keterlibatan yang sederhana, cepat, dan aman

Aplikasi yang paling sering digunakan di sebagian besar orang adalah ponsel yang paling mudah digunakan, dirancang dengan baik, dan dapat menyelesaikan tugas dengan cara tercepat dan aman. Biometrik dan desain UX yang kuat adalah taruhan dalam pertempuran untuk menjaring nasabah.

Personalisasi wawasan keuangan

Daripada mengharuskan konsumen untuk mencari informasi yang mereka inginkan, akan lebih mudah untuk menemukan atau secara proaktif disampaikan tanpa bertanya. Kemampuan untuk melihat profil keuangan real-time saat setelah terjadi setiap transaksi dan untuk dapat membuat skenario anggaran yang dipersonalisasi merupakan kebutuhan mendasar.

Akses ke data keuangan dan non-keuangan

Jika organisasi perbankan ingin berada di pusat kehidupan konsumen, ia harus dapat berbagi semua wawasan yang ada di sekitar kehidupan konsumen. Ini jauh melampaui wawasan keuangan, untuk memasukkan riwayat eCommerce, riwayat perjalanan, informasi medis, asuransi dan data investasi, jaminan dan dokumen hukum, dan sebagainya.

Alih-alih berada di banyak tempat, lembaga keuangan dapat menyediakan repositori digital untuk segala sesuatu yang dibutuhkan nasabah sehari-hari.

Penasihat yang canggih

Menjadi pusat penyimpanan data pelanggan dilengkapi dengan persyaratan bahwa nilai diberikan sebagai imbalan atas posisi ini dalam kehidupan konsumen. Selain menyediakan kemampuan penasihat keuangan dasar, organisasi perbankan masa depan juga perlu memberikan rekomendasi pembelian, rekomendasi kesehatan dan diet, saran perjalanan dan keramahtamahan, dan sebagainya.

Ini memang tidak disediakan di bawah satu atap. Oleh karena itu, inilah pentingnya API dan ekosistem yang kuat. Kolaborasi akan menjadi kunci hubungan.

Layanan dukungan secara digital

Suatu hasil dari menjadi penasihat adalah menjadi pemberi dukungan yang “hidup”. Dengan wawasan luas tentang cara pelanggan menjalankan kehidupannya, penting bagi bank di masa depan untuk memberikan pengingat yang didasarkan pada tren historis. Ini dapat berkisar dari mengatur transportasi hingga membangun daftar belanja. Ini akan mencakup penyampaian dengan teknologi perintah suara yang memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan secara real-time.

Menjadi lebih digital

Pasar berubah dengan sangat cepat, dengan teknologi dan inovasi yang datang lebih cepat dari sebelumnya. Pengembang harus bergerak di luar seluler, mengembangkan solusi yang dapat disampaikan melalui saluran yang mungkin tidak ada saat ini (AR, VR, MS, dan sebagainya).
Intinya ada di Pengaturan waktu.

Untuk beralih dari melakukan interaksi sesekali agar tertanam dalam kehidupan digital konsumen dengan interaksi sehari-hari. Bank perlu mengembangkan kemitraan digital dengan pedagang, pemasok, usaha kecil dan menengah, perusahaan telekomunikasi dan perusahaan digital lainnya untuk menghasilkan produk baru dan meningkatkan keterlibatan bagi konsumen.

Dengan berkolaborasi dengan mitra ini sebagai lawan dari persaingan, bank dapat diposisikan kembali di pusat kehidupan sehari-hari pelanggan. Dengan demikian masa depan perbankan dapat menjadi bagian integral untuk kebutuhan keuangan dan non-keuangan.

Masa depan perbankan memiliki peluang untuk memiliki hubungan dengan lebih banyak segmen konsumen dengan biaya yang efisien. Menggunakan jumlah interaksi dengan para pelanggan untuk mengimbangi pendapatan yang lebih rendah per transaksi.

Membangun Perbankan Modern

Ketika kita melihat industri lain, kita dapat melihat pengalaman yang khas dan menarik. Pengalaman-pengalaman ini biasanya memberikan solusi berkualitas tinggi, mudah dan terutama menggunakan saluran digital.

Dalam ekosistem perbankan di masa depan, perlu ada integrasi dari apa yang terbaik di bidang perbankan, serta yang terbaik yang dapat kita temukan di industri lain. Ini adalah apa yang konsumen menilai industri perbankan terhadap – pengalaman di Amazon, Google dan penyedia digital modernnya.

Berikut ini beberapa komponen kunci dari visi ini:

Silahkan berdiskusi..

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This