Layanan Hybrid Cloud Sebagai Solusi Terbaik Untuk Perusahaan

Layanan Hybrid Cloud dengan cepat menjadi solusi cloud terdepan karena memungkinkan keseimbangan. Ini memungkinkan perusahaan mengalokasikan data, aplikasi, dan sumber komputasi lainnya ke private cloud yang dipersembahkannya sendiri atau ke infrastruktur cloud publik pihak ketiga. Fleksibilitas ini membantu organisasi mencapai berbagai tujuan bisnis, termasuk efisiensi, ketersediaan, keandalan, keamanan, dan efisiensi biaya.

Layanan Hybrid Cloud Sebagai Jalan Tengah Antara Prioritas IT dan Bisnis

Arsitektur hybrid cloud juga memungkinkan keseimbangan antara kebutuhan infrastruktur dan bisnis yang berbeda. Di satu sisi, karena menggunakan teknologi yang sudah ada untuk private cloud, lingkungan hybrid cloud memungkinkan eksekutif teknologi untuk memastikan bahwa infrastruktur lokal terus menghasilkan laba atas investasi.

Di sisi lain, karena memanfaatkan cloud publik, layanan hybrid cloud memungkinkan perusahaan mendapat banyak manfaat yang ditawarkan dari public cloud. Manfaat ini meliputi efisiensi biaya, kelincahan, mobilitas, dan elastisitas. Perusahaan sekarang beralih ke cloud secara massal untuk mendukung strategi digital mereka. Menurut sebuah survei CompTIA tahun 2014, 90 persen perusahaan menggunakan komputasi awan dalam beberapa bentuk.

Lingkungan hybrid cloud terdiri dari private cloud yang dipelihara di tempat dan dipasangkan dengan infrastruktur, aplikasi, dan layanan cloud umum yang dikonsumsi sesuai kebutuhan. Sebuah layanan cloud hybrid yang benar, lingkungan on-dan off-premises dibangun di atas arsitektur data center yang mendasari perangkat lunak yang sama. Ini memungkinkan transisi yang mulus antara manajemen dan keamanan yang konsisten.

Layanan hybrid cloud semakin populer karena semakin banyak perusahaan yang menemukan kelebihannya. Sebuah survei menemukan bahwa 39 persen organisasi yang telah beralih ke komputasi awan menggunakan model hybrid cloud.

Memanfaatkan Infrastruktur yang Ada

Sisi private cloud dari solusi hybrid cloud memungkinkan perusahaan meningkatkan infrastruktur yang sudah ada. Perusahaan dapat menyesuaikan private cloud mereka dan mengkonfigurasi ulang apa yang mereka inginkan, kapan pun mereka mau. Mereka dapat menjaga keamanan data dan aplikasi yang paling vital. Disamping itu, dengan hybrid cloud, perusahaan akan lebih mudah mematuhi standar apapun yang mungkin diperlukan di industri mereka. Contoh pada peraturan kedaulatan data bagi perbankan dan asuransi. Mereka juga dapat memastikan keandalan yang lebih besar dari proses dan aplikasi bisnis penting.

Sisi private cloud dari model hybrid memungkinkan perusahaan memindahkan beberapa beban kerja ke layanan public cloud di data center pihak ketiga. Mereka dapat dijalankan dengan biaya lebih efektif. Perusahaan dapat mengembangkan dan menguji proyek baru di public cloud tanpa harus investasi perangkat. Mereka dapat menyimpan dan memproses sejumlah besar data dengan mitra pihak ketiga yang mengkhususkan diri pada bisnis itu. Tentunya ini menghemat ruang, waktu, dan uang bagi perusahaan anda. Bisnis dapat mengakomodasi lonjakan lalu lintas dengan memindahkan aplikasi tertentu ke public cloud dan mengakses kapasitas ekstra bila diperlukan.

Memaksimalkan Nilai dengan Teknologi yang Tepat

Komputasi hybrid cloud memaksimalkan nilai dengan menyeimbangkan keuntungan dari aset internal dan layanan eksternal. Ini memungkinkan para pemimpin teknologi untuk mengoptimalkan infrastruktur dan memenuhi tujuan bisnis dengan memanfaatkan lingkungan di tempat untuk keamanan dan keandalan data dan aplikasi vital. Pada saat yang sama, mereka juga dapat mengakses kapasitas, penyimpanan, perhitungan, dan kapasitas cloud yang tak terbatas untuk operasi rutin dan penambahan ruang ketika ada lonjakan permintaan.

Tips Memilih Penyedia Layanan Hybrid Cloud

Tentu saja, solusi hybrid cloud hanya akan seefektif teknologi dasarnya. Ini berarti Anda harus memilih dengan hati-hati. Untuk memilih layanan hybrid cloud, pertimbangkan kriteria berikut ini:

  • Konsistensi

    Pilih arsitektur hybrid cloud yang komprehensif yang memberikan konsistensi di private cloud dan layanan public cloud yang Anda gunakan. Anda bisa membuktikan masa depan perusahaan Anda dengan memilih teknologi dan mitra yang menyediakan konsistensi multi-cloud.

  • Manajemen

    Tanyakan alat manajemen apa yang tersedia untuk mengendalikan aplikasi, data, dan proses di hybrid cloud yang ditawarkan. Tanyakan seberapa baik alat ini bekerja dengan sistem manajemen yang sudah ada.

  • Keamanan

    Penyedia layanan cloud yang dapat diandalkan harus dapat memenuhi semua peraturan keamanan dan privasi yang berlaku pada industri Anda. Pastikan layanan hybrid cloud tersebut dapat memberi fleksibilitas yang diperlukan agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Latency

    Cari tahu bagaimana mitra layanan hybrid cloud menggunakan aplikasi. Apakah transfer data melintasi platform yang terlibat? Jika demikian, mungkin ada latency, dan beberapa aplikasi mungkin akan terkena dampak.

  • Keandalan

    Anda tidak dapat membayar downtime, jadi tanyakan tentang kapasitas redundansi penyedia. Pastikan tidak ada satu titik kegagalan. Pilih penyedia hybrid cloud yang menerapkan DevOps dan menggunakan infrastruktur data center dengan klasifikasi TIER III dari Uptime Institute.penyedia layanan hybrid cloud Indonesia

  • API

    Perharikan antarmuka pemrograman aplikasi yang digunakan penyedia. Seberapa baik Anda bisa berintegrasi dengan sistem yang ada?

  • SLA

    Perjanjian tingkat layanan sangat penting. Perhatikan bagaimana definisi SLA pada layanan cloud hybrid tersebut secara terperinci. Ketersediaan dan latensi adalah pertimbangan umum, namun SLA untuk aplikasi bisnis penting Anda sangat penting.

  • Harga

    Harga bayar untuk penggunaan adalah prinsip dasar layanan cloud public dan salah satu daya tarik utama mereka. Tapi penyedia yang berbeda menggunakan model yang berbeda. Bagaimana penggunaan yang ditentukan? Apakah ada biaya bulanan yang ditetapkan? Dukungan apa yang disertakan? Semua faktor ini dan faktor lainnya akan mempengaruhi total biaya Anda.

Jika perusahaan Anda mencari lebih banyak fleksibilitas dalam menyeimbangkan prioritas infrastruktur dan bisnis, layanan hybrid cloud merupakan jawaban Anda. Ini berarti Anda tidak harus memilih antara mempertahankan sistem di tempat dan memanfaatkan sistem baru untuk menggerakkan perusahaan Anda ke depan. Tapi Anda harus memilih teknologi dan mitra yang tepat untuk mewujudkannya.

Silahkan berdiskusi..

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This