bisnis laundry kiloan sistem antar jemput

Laundry Kiloan Sistem Antar Jemput Makin Banyak Peminat

Saat pandemi yang berlaku pembatasan sosial, para pengguna laundry semakin banyak yang berpindah ke jasa laundry kiloan dengan sistem antar jemput. Disamping itu, banyak orang yang bekerja di rumah dan yang tadinya bias antarkan baju untuk ke laundry sekaligus berangkat kerja, sekarang mereka lebih andalkan sistem antar jemput.

Laundry Kiloan Dengan Layanan Antar Jemput

Bisnis laundry tergolong bisnis yang terus tumbuh. Saat ini, rata-rata setiap laundry di Indonesia menerima orderan antara 100 kg sampai 200 kg per hari. Tentu ini masih dapat ditingkatkan, dan salah satu caranya adalah dengan memberikan layanan yang memudahkan pelanggan Anda.

Selain harga yang bersaing dan kualitas cucian pakaian yang tidak apek, para pemilik laundry kiloan harus meningkatkan layanan mereka, salah satunya dengan sistem layanan antar jemput. Ini dapat meningkatkan daya saing bisnis laundry Anda di tengah persaingan bisnis laundry yang semakin ketat.

Seperti di kota besar, Jakarta misalnya. Dalam satu area perumahan dapat kita temui beberapa laundry, mulai dari laundry kiloan, laundry koin dan franchise laundry dengan brand ternama.

Seperti saya dan keluarga, menggunakan jasa laundry kiloan setiap 2 hari sekali dengan berat cucian rata-rata 5 kg. Oleh karena itu untuk mendapatkan omset 200 kg per hari atau sebesar Rp. 1.5 juta per hari, sebuah laundry harus mendapatkan setidaknya 80 pelanggan (idealnya 100 pelanggan). Dan ini sulit dicapai ketika Anda hanya mengandalkan pelanggan yang datang ke lokasi laundry Anda.

Dengan sistem Layanan Antar Jemput Laundry, tentu ini sangat menarik bagi pengguna laundry yang ada di sekitar Anda. Ini jangan diartikan sebagai cara mematikan bisnis laundry para pesaing, akan tetapi memberikan kemudahan pada para pengguna laundry. Jika Anda mau sukses, tentu harus mampu bersaing. Dalam bisnis, jika Anda kalah bersaing tentu bisnis Anda lama kelamaan akan suru dan akhirnya tutup.

Oleh karena itu, sistem antar jempur laundry ini sangat masuk akal untuk menempatkan bisnis laundry Anda pada posisi yang lebih kuat.

Tips: Untuk meningkatkan pendapatan, para pebisnis laundry juga dapat mengembangkan bisnis mereka dengan diversifikasi seperti menjalankan bisnis parfum laundry dan cairan kimia pembersih lainnya yang dapat menambah pendapatan dari waktu ke waktu.

Anda hanya membutuhkan ponsel untuk WhatsApp dengan para customer laundry, dan motor untuk antar jemput. Anda juga dapat mengenakan biaya antar-jemput misal Rp. 5.000 per antar jemput dan bekerjasama dengan ojek yang sudah Anda kenal dan dapat dipercaya.

Bagaimana Memasarkan Laundry Kiloan Sistem Antar Jemput?

Mungkin awalnya Anda bingung, jika mengadakan layanan antar jemput laundry, hanya pelanggan yang sudah ada saja yang tau. Akan tetapi percayalah, seiring dengan waktu akan datang pelanggan baru ke tempat Anda karena para pelanggan Anda akan mempromosikan layanan laundry kiloan antar jemput Anda.

Buatlah Website dengan Sistem Online Ordering

Anda juga dapat memasarkan secara online dengan membuat website yang dapat menampung order online. Kemudian, anda sebar website tersebut setiap hari di media sosial dengan membuat konten-konten yang menarik dan bermanfaat.

Anda cukup mengeluarkan Biaya sekitar Rp. 70.000 per bulan untuk sebuah website landing page yang menarik dan profesional, serta dapat menerima orderan secara online, baik melalui formulir order maupun melalui tombol kirim WhatsApp.

Promosikan Website dan Bisnis Anda di Google

Jika Anda ingin lebih cepat mendapatkan pelanggan, Anda dapat anggarkan sekitar Rp. 750.000 per bulan untuk mempromosikan website laundry Anda di hasil pencarian google dengan sistem radius hingga 5 kilo meter dari lokasi Anda. Laundry antar jemput Anda akan segera dikenal banyak orang di sekitar Anda.

Jangkauan iklan google dengan budget Rp. 900.000 per bulan adalah sekitar 40.000 orang, dan yang masuk ke website Anda sekitar 2000 orang. Kita asumsikan dari 2000 orang tersebut hanya ada 10 orang yang menjadi pelanggan setia laundry Anda. Maka, dalam satu tahun Anda sudah mendapatkan 120 pelanggan, dan ini sudah melebihi kapasitas 200 kg laundryan per hari.

Respon Cepat dan Ramah

Ini sangat perlu ketika Anda menjaring pelanggan dari jalur online. Sebab, para pelanggan dari jalur online biasanya membutuhkan kecepatan dalam respon, misal respon dalam komunikasi via WhatsApp. Sedangkan untuk kecepatan pekerjaan cucian laundry, Anda dapat berikan biaya tambahan jika ingin selesai dalam 1 hari.

Jalankan Secara Konsisten Selama Satu Tahun

Tidak ada yang instan, Anda juga harus membangun pemasaran secara konsisten, paling kurang satu tahun. Meskipun begitu, dalam kondisi tertentu bisa saja dalam waktu beberapa bulan pesanan laundry Anda sudah meningkat hingga 200 kg.

Selanjutnya tergantung pada pilihan Anda, akan menambah kapasitas atau cukup di 200 kg. Jika Anda ingin menambah kapasitas, maka Anda dapat terus lakukan pemasaran online.

Kesimpulan:

Pada akhirnya, Anda harus memikirkan cara untuk mempermudah pelanggan dan meningkatkan kualitas hasil cucian laundry Anda untuk mengatasi persaingan laundry yang semakin ketat.

Dengan memberikan layanan antar jemput cucian, tentu bisnis laundry kiloan Anda akan lebih menarik hati para penguna jasa laundry di sekitar Anda.

Anda dapat melakukan pemasaran secara online agar bisnis laundr Anda dikenal sebagai laundry terdekat yang bisa antar jemput.