Investasi Cerdas yang Aman dan Menguntungkan

Jika melihat judulnya, tentu investasi aman dan menguntungkan memilki waktu jangka panjang namun belum tentu lebih menguntungkan, karena adanya inflasi dan time value of money di zaman era sistem keuangan berbunga riba sekarang ini.

Dalam melihat bidang untuk berinvestasi, tentu perlu pengamatan yang cukup sebagai dasar atau fundamental yang dapat dijadikan pondasi kuat dalam ber investasi. Misal seperti pada batu mulia atau batu permata, selain melihat trend kenaikan harga.. kita juga perlu melihat penyebab trend tersebut.

Sebetulnya cukup mudah untuk memahami trend batu mulia, fundamental nya adalah ketersediaan dari alam. Semakin sedikit dan peminat semakin banyak maka akan semakin tajam kenaikannya dalam waktu kedepan.

Investasi Aman dan Menguntungkan Jika Paham Fundamentalnya

Misal seperti pada batu zamrud, ini termasuk batu mulia yang peminatnya sudah terlalu membludak di seluruh dunia, namun ketersediaannya sudah sangat-sangat terbatas. Dan terlebih lagi batu zamrud tidak seperti batu safir dan dan ruby yang bisa di treatment glass filled atau di isi material lain, sehingga batu mulia yang peminatnya banyak namun sedikit batu zamrudlah batu mulia yang dimaksud tersebut.

Silahkan dilihat grafik dari GemVal.Com dibawah ini untuk aktivitas trend harga batu zamrud.

investasi aman dan menguntungkan pada batu zamrud

Grafik tersebut diatas menunjukan trend kenaikan harga batu zamrud, yang sebetulnya paling tidak sejak 5 tahun terakhir mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Dan batu zamrud sudah banyak disukai oleh orang dari seluruh dunia sejak ribuan tahun yang lalu, dengan demikian trend kenaikan harga batu zamrud bukanlah suatu fenomena seperti pada batu akik yang baru di ekspolitasi ke publik sejak 2 tahun terakhir saja dan mulai mengalami penurunan peminat karena stok sangat berlimpah dari Indonesia dan sebetulnya dari seluruh dunia juga banyak batu akik ber gunung-gunung.

Ketersediaan batu Zamrud dari Seluruh Dunia

Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir dari tahun 2015 ini, harga emerald mengalami peningkatan lebih dari 10x lipat. Ini mengindikasikan adanya fundamental yang mendasari hal tersebut, yakni di tutupnya sebuah tambang di Colombia karena habis alias sudah tidak ada lagi batu zamrudnya di tambang tersebut (wilayah Muzo) di penghujung tahun 2013 kemarin. Inilah yang menjadikan zamrud layak dikategorikan sebagai investasi aman dan juga menguntungkan.

Update di tahun 2018:

Harga batu zamrud terus ‘meroket’ sebanyak 10x lipat dari harga di tahun 2013. Ini merupakan saat yang tepat untuk mulai mengumpukan batu zamrud berkualitas bagus yang memiliki lindung nilai selalu lebih tinggi. Ini merupakan investasi aman dan apalagi jika anda kreasikan sebagai cincin mewah, maka harga jualnya bisa jauh lebih tinggi lagi.

Berikut lokasi lengkap penambangan batu zamrud di seluruh Dunia:

  • Rusia, Gunung Ural. Namun sudah tidak boleh dijual oleh pemerintahnya
  • Columbia. Untuk wilayah yang terkenal sebagai penghasil terbesar batu zamrud seperti Muzo sudah di tutup.
  • Afrika, seperti dari Zambia harga batu zamrudnya pun sudah naik 10x lipat dan Afrika terkenal dengan ketidak stabilan situasi yang banyak terjadi peperangan antar mereka sendiri disana dengan demikian dapat diambil kesimpulan akan semakin sulit untuk melakukan penambangan di Afrika.
  • Brazil, sama seperti Zamrud Zambia, juga merupakan alternatif perburuan batu zamrud setelah semakin sedikitnya batu zamrud colombia.
Tips Membeli Batu Zamrud
  • Kenali ciri keasliannya
  • Kenali ciri kualitasnya
  • Khusus untuk belanja online, jangan pernah beli batu zamrud yang tidak ada video produknya, minimal 1 menit video batu zamrud tersebut agar dapat terlihat jelas seluruh sudutnya.
  • Utamakan beli yang berkualitas dan ada memo hasil cek keasliannya, ini adalah sayarat utama investasi aman pada batu mulia selain kualitas dari batu mulia itu sendiri.
  • Jangan beli batu zamrud yang ada treatment “Dyed” atau di sepuh.┬áZamrud abal-abal tersebut, sebesar apapun nilainya hanya ratusan ribu rupiah. Pilihlah batu zamrud yang treatmentnya standard seperti “Oiled with Colorless Oil” atau hanya di rendam pada minyak keju. Pada dasarnya semua batu zamrud yang baru keluar dari tambang di rendam pada minyak cheedar tersebut untuk mengangkat atau memisahkan kotoran kapur dan sebagainya.
  • Cari batu zamrud yang warna hijaunya jelas. Jangan pilih batu zamrud yang banyak bening kosong atau hijaunya tanggung karena jika di cek ke lab tidak akan diakui sebagai “Natural Emerald” namun hanya akan di akui sebagai “Beryl”.

Marilah mulai sekarang kita ber investasi pada batu zamrud yang wujudnya dapat kita lihat dan dapat anda simpan untuk anak cucu keturunan dimasa yang akan datang, karena harganya akan semakin meningkat lagi… sehingga kini anda tidak perlu ke British Virgin Island untuk menempatkan dana ­čśë Semoga bermanfaat..

Silahkan berdiskusi..

One Response so far.

  1. […] Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir dari tahun 2015 ini, harga emerald mengalami peningkatan lebih dari 10x lipat. Ini mengindikasikan adanya fundamental yang mendasari hal tersebut, yakni di tutupnya sebuah tambang di Colombia karena habis alias sudah tidak ada lagi batu zamrudnya di tambang tersebut (wilayah Muzo) di penghujung tahun 2013 kemarin.  […]

Pin It on Pinterest

Share This