Solusi Manajemen Billing Perusahaan Telekomunikasi

Tagihan perusahaan telekomunikasi ke pelanggannya memiliki tingkat kesalahan 7 sampai 12%, menurut salah satu lembaga reset dan analisa produk dan layanan IT di Massachusetts, Amerika Serikat. Ketidak akuratan cek tagihan telkom tersebut memang terjadi hampir di seluruh perusahaan telkom seluruh dunia.

Solusi untuk Sistem Cek Tagihan Telkom yang Tidak AkuratHal ini disebabkan karena lingkungan IT sekarang ini memiliki sistem jaringan dan layanan aplikasi yang serba kompleks, belum lagi jika perusahaan telekomunikasi tersebut menggunakan vendor sistem aplikasi manajemen yang memiliki kelemahan dalam fleksibilitas pembuatan layanan atau kurang terstruktur pada pembuatannya yang mana dapat berdampak pada ketidak akuratan penggunaan jaringan oleh pelanggan (users network usage billing system) terutama pada masalah limitasi layanan yang dilakukan perusahaan telkom tersebut.

Perusahaan telekomonukasi memiliki kerumitan yang lebih daripada perusahaan listrik PLN seperti untuk cek tagihan listrik PLN, karena selain infrastruktur yang kompleks juga penggunaan sumber daya di perusahaan telekomunikasi jauh lebih banyak ragamnya atau lebih banyak jenis produk layanannya dan hal ini yang mempengaruhi kompleksitifitas dalam pengelolaan cek tagihan telkom tersebut.

Contoh Kasus Ketidak Akuratan Cek Tagihan Telkom

Seperti pada perusahaan operator telepon mobil, disaat mereka “meg-upload’ modul untuk perubahan konfigurasi terhadap layanan yang sudah ada, maka hal ini dapat ber-potensi membuat limitasi penggunaan data tidak berjalan sebagaimana semestinya jika tidak pada sistem aplikasi yang dipakai oleh modul tersebut terhubung ke monitoring network usage, sehingga pengenalan cut-off tidak dapat dilakukan oleh sistem. Dan ini dapat mengakibatkan perusahaan telekomunikasi selular tersebut harus me-reset sistem mereka sebagian, dan pada saat bersamaan sebuah data pemakaian sudah terlanjur terekam pada sistem billing mereka.

Hal ini menyebabkan pihak perusahaan telkom harus mengoreksi cek tagihan telkom secara manual, dengan mencocokkan data pemakaian waktu kejadian kesalahan sistem sampai reset.

Komponen Solusi Manajemen Tagihan Perusahaan Telekomunikasi

Sebuah solusi manajemen perusahaan telekomunikasi dibutuhkan untuk meningkatkan visibilitas terhadap sistem IT dan Jaringan Telkom yang sanggup untuk merekam aktivitas penggunaan, menganalisa dan mengelola penggunaan seluruh infrastruktur IT termasuk pengecekan keakuratan billing / cek tagihan telkom ke pelanggan.

Terdapat 2 komponen sistem manajemen untuk mengatasi hal ini:

Sistem Manajemen Layanan Telkom

Bertujuan untuk memberikan fungsi yang dibutuhkan untuk melacak distribusi, konfigurasi dan akuntabilitas terhadap keuangan semua layanan komunikasi dan aset di perusahaan anda. Solusi manajemen layanan perusahaan telkom ini setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Dapat cepat mengidentifikasi lokasi, konfigurasi, kepemilikan dan hubungan layanan telekomunikasi satu sama lainnya.
  • Secara otomatis dapat meperbarui layanan yang tersedia berserta aset komunikasi terkat.
    Dapat memberikan penyajian secara real-time dan dapat mengendalikan infrastruktur telekomunikasi.
  • Permintaan sistem telekomunikasi harus dapat di akomodir secara otomatis.
  • Fungsi pengendalian real-time untuk lokasi sistem darurat (nomor telepon darurat).
  • Menyediakan akses yang aman bagi pelanggan dalam pengiriman pesana dan pengelolaan layanan serta cek tagihan secara real-time.
  • Dapat mendukung operasional pelayanan dan dukungan pelanggan lebih efisien.

Sistem Manajemen Keuangan TELKOM

Dengan komponen solusi manajemen keuangan yang berfungsi untuk mengorganisir, memberikan visualisasi, dan merampingkan proses manajemen keuangan maka perusahaan telkom dapat lebih tajam dalam penyajian keuangan. Berikut modul sistem manajemen keuangan yang dibutuhkan bagi perusahaan telkom:

  • Melacak dan menganalisa penggunaan suara, wireles, data teks, dan biaya internal seperti operator, tenaga kerja, aset.
  • Memberikan wawasan yang aman sebagai pendukung pelacakan biaya dan pemahaman nilai jasa.
  • Meningkatkan pengendalian operasional melalui akuntabilitas biaya yang efektif.
  • Mengotomatisasi akuntabilitas biaya untuk semua aset, tenaga kerja dan jasa
  • Merampingkan proses cek tagihan telkom.

Pada akhirnya dengan menggunakan sistem manajemen perusahaan telekomunkasi tersebut diatas, para perusahaan telkom mendapatkan keuntuangan sebagai berikut:

  • Meniadakan koreksi manual yang mana hal tersebut sebetulnya terpisah dari sistem.
  • Memberikan kemampuan untuk pemantauan secara real-time terhadap layanan telekomunikasi dan biaya serta tagihan pengguna.
  • Alokasi pendapatan dan biaya baik ke cost/profit center perusahaan serta pencatatan biaya pemakaian pelanggan dapat dilakukan secara otomatis.
  • Dapat menganalisa pengembalian investasi secara keseluruhan dengan lebih akurat.
  • Akuntabilitas pelanggan meningkat terhadap pilihan dan penggunaan layanan.
  • Meningkatkan keamanan data pada jaringan.
  • Memberikan tingkat kepuasan pelayanan yang lebih baik ke pelanggan.
  • Memberikan dukungan analisa strategi anggaran dan investasi.
  • Dapat memenuhi hak pelanggan terhadap cek tagihan real-time dan memberikan pilihan bagi pelanggan untuk membatasi tagihan tersebut melalui sebuah aplikasi tertanam di ponsel.

Hal tersebut diatas sangat mungkin dilakukan oleh perusahaan penyedia layanan solusi manajemen IT yang lengkap termasuk infrastruktur IT dan aplikasi sistem manajemen, dengan team yang memiliki pembuktian pengalaman pada beberapa sektor industri sejenis.

Silahkan berdiskusi..
Trend Baru Situs Berita Dengan Banyak Fungsi Menarik
Perubahan Trend Iklan di Indonesia (Tahun 2016)

Comments are closed.