Apa Manfaat Transformasi Digital Pada Industri Perhotelan?

manfaat transformasi digital di industri perhotelan

Banyak yang percaya bahwa hanya sedikit cara untuk menjadi inovatif ketika berhubungan dengan industri perhotelan. Tapi transformasi digital benar-benar mempengaruhi semua industri. Pada artikel ini saya ingin memberikan contoh bagaimana industri hotel berubah melalui proses transformasi digital. Apa saja perubahan yang dilakukan dan bagaimana mereka menjangkau pelanggan mereka berdasarkan lokasi fisik atau preferensi, menggunakan tren teknologi digital terkini. Selamat membaca artikel mengenai manfaat transformasi digital pada industri perhotelan ini.

Kenapa Transformasi Digital Pada Industri Perhotelan Menjadi Semakin Penting?

Pengalaman pelanggan adalah karakteristik yang paling penting untuk mencapai tujuan perusahaan di bidang industri jasa. Jika Anda tidak menawarkan pengalaman hebat, Anda memiliki peluang yang tinggi untuk kehilangan pelanggan.

Seperti yang kita semua tahu, diferensiasi dan inovasi adalah kunci yang harus dipertimbangkan saat memikirkan kembali bagaimana memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan.

Transformasi digital memiliki dampak besar dan positif pada bisnis tradisional. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Mengintegrasikan solusi mobile membantu bisnis menjadi fokus dalam memberikan solusi inovatif seperti booking dan pemesanan, pembayaran, peningkatan layanan staf, program loyalitas, dan lain-lain. Untuk hal ini, saya pernah menulis mengenai: Cara tingkatkan kenyamanan tamu hotel dengan teknologi informasi.

Pelanggan harus memiliki akses informasi yang benar dan menggunakan berbagai saluran untuk berkomunikasi dengan bisnis anda. Mobilitas membuat segalanya lebih mudah diakses. Dengan ponsel, keseluruhan proses tersebut telah berubah.

Pengguna mencari informasi sebelum bepergian, mereka membandingkan pilihan tujuan yang berbeda, membaca tentang pengalaman orang lain dan mempertimbangkan pendapat mereka, memesan tiket secara online, dan lain-lain.

Saat bepergian mereka juga dapat meneliti semuanya secara online, dari kejadian yang terjadi di kota hingga restoran tempat makan malam dan begitu mereka kembali, mereka bahkan akan memberikan ulasan yang akan digunakan oleh wisatawan lain.

Jika Anda berada di industri perhotelan dan belum menerapkan strategi digital, saya jamin Anda akan kehilangan cukup banyak pelanggan. Pesaing anda kini lebih responsif terhadap kebutuhan pelancong dan menjadi unik di pasar. Lantas apa manfaat transformasi digital di industri perhotelan?

Manfaat Transformasi Digital di Industri Perhotelan

Semakin banyak kemajuan teknologi, semakin banyak perubahan yang kita temukan di berbagai industri tradisional. Mengapa demikian? karena ada begitu banyak manfaat bagi kedua belah pihak; bisnis itu sendiri dan pelanggannya.

Banyak perusahaan di industri perhotelan menyadari bahwa dengan mengadopsi teknologi digital mereka dapat memiliki lebih banyak loyalitas pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Berikut adalah beberapa manfaat transformasi digital di industri perhotelan:

Mengurangi waktu tunggu

Dengan menawarkan pilihan layanan mandiri untuk check-in atau bahkan panduan di bandara, Anda dapat mengurangi antrian.

Tingkatkan arus komunikasi

Anda dapat secara teratur memperbarui berita terbaru untuk pelanggan anda dan Anda bisa memberi mereka akses ke konten yang dapat diperbarui secara otomatis.

Inisiatif ramah lingkungan

Dengan menggunakan IoT di perhotelan, Anda akan lebih ramah lingkungan. Anda akan mencetak kartu kunci lebih sedikit, mengurangi boarding pass dan kertas, karena semua sudah dalam bentuk digital.

Anda juga akhirnya mengkonsumsi energi lebih sedikit, misalnya dengan mendinginkan ruangan hanya 15 menit sebelum para tamu kembali, bukan menjaga agar tetap dingin sepanjang hari, dan lain-lain. Ingat, pengalaman tamu hotel perlu di pertahankan dan biaya perlu dikurangi.

Lebih mengenal pelanggan

Dengan bantuan analisis data, Anda dapat memahami lebih baik pelanggan Anda. Anda mendapatkan lebih banyak informasi mengenai preferensi dan selera.

Personalisasi penawaran

Berdasarkan profil tamu, Anda dapat memberikan penawaran khusus secara tepat yang dapat meningkatkan kepuasan.

Menurunkan biaya

Dengan menjadi ramah lingkungan Anda akhirnya mengurangi biaya. Bukan hanya itu saja, transformasi digital memperlancar komunikasi, sehingga menjadi hemat waktu dan biaya.

Meningkatkan kinerja

Karyawan Anda akan dapat menawarkan layanan yang lebih baik karena mereka memiliki akses ke informasi lebih lanjut tentang pelanggan. Anda dapat melakukan koordinasi dan komunikasi yang lebih baik antar departemen.

Contoh transformasi digital di industri perhotelan

Berikut adalah beberapa contoh inovasi digital yang diadopsi beberapa hotel untuk mengubah industri dan membawa standar baru di industri perhotelan.

IoT yang Menakjubkan

IoT akan menjadi pasar USD 14,4 triliun pada dekade berikutnya dan jumlah perangkat yang terhubung akan tumbuh menjadi sekitar 25 miliar pada tahun 2020. Jelas, pasar yang besar ini berdampak pada industri perhotelan.

  • Check-inDengan menggunakan ponsel (self check-in) telah menjadi suatu keharusan. Menawarkan opsi ini kepada pelanggan benar-benar merupakan nilai tambah karena dengan cara ini pengalaman layanan mandiri membantu mengurangi waktu tunggu semua orang.

    Anda meningkatkan kontrol pelanggan dan karena itu sekaligus kepuasannya. Mereka memiliki akses terhadap informasi mengenai reservasinya langsung dari ponselnya. Anda tidak hanya meningkatkan aksesibilitas terhadap informasi namun Anda juga memungkinkan pengguna untuk mengeditnya. Anda dapat mengkomunikasikan perubahan setiap detik terakhir pada pelanggan Anda.

  • Kartu kunci elektronikPraktik yang lebih banyak dipakai dan lebih umum adalah menggunakan kartu kunci elektronik ke tamu hotel di perangkat mobile mereka. Pilihan kamar dapat disimpan untuk para tamu yang kembali ke hotel yang sama atau ke jaringan hotel yang sama, memastikan mereka dapat menikmati pengalaman yang konsisten.
  • Personalisasi tingkat tinggiDengan IoT Anda memiliki kontrol yang lebih kuat terhadap hal-hal seperti thermostat. Anda dapat menyertakan bohlam cerdas, mengintegrasikan pengenalan suara di ruangan untuk membalas permintaan tamu, menawarkan surat kabar digital, sensor cerdas pada pembuat kopi. Semua pekerjaan itu berbasis pada pola gerakan atau yang bahkan akan dikendalikan langsung dari perangkat mobile.

Augmented reality adalah teknologi menakjubkan yang terus menerus booming di banyak industri, termasuk industri perhotelan juga. Wisatawan yang mengunjungi area tertentu bisa menggunakan aplikasi untuk mendapatkan informasi spesifik tentang situs yang dilihat, membuat pengalaman lebih natural.

Dengan menggunakan kamera smartphone, aplikasi dapat menambahkan informasi ke layar tentang lokasi yang tepat, fakta sejarah, restoran terdekat, dan Anda benar-benar bisa melangkah sejauh imajinasi Anda berjalan. Panduan wisata pribadi yang menakjubkan.

Hotel juga dapat memberikan pengalaman mendalam bagi calon klien dengan berkeliling ke hotel, memungkinkan pelanggan menjelajahi ruang dan sekitarnya. Aplikasi digital perhotelan lainnya dapat berupa peta interaktif di kamar hotel. Tujuannya agar wisatawan dapat mengakses lebih banyak informasi tentang sekitarnya.

Bimbingan di bandara

Contohnya adalah mengembangkan aplikasi mobile yang benar-benar menggantikan pusat informasi dengan memberikan informasi mengenai :area makanan, area perbelanjaan, terminal, dan semua itu langsung di peta.

Selain itu, aplikasi mobile perhotelan ini dapat menginformasikan pelancong tentang rincian penerbangan, jika penerbangan ditunda misalnya. Anda bahkan dapat menyertakan opsi yang menunjukkan bagaimana mencapai tujuan akhir pengguna atau pilihan untuk memesan taksi atau bahkan untuk mengetahui tentang ketersediaan parkir.

Operasional internal secara digital

Mobilitas yang bisa dilakukan untuk operasional internal benar-benar luar biasa. Ini dapat meningkatkan efisiensi staf dan jelas ini berarti bahwa kita akhirnya menawarkan kualitas layanan yang lebih baik. Ini merupakan manfaat transformasi digital dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan.

Bagian penerima tamu dapat mengetahui langsung tentang informasi sebuah ruangan kosong dan karena itu siap dialokasikan untuk pelancong.

Anda juga dapat membuat pengelolaan persediaan real-time dan memberikan akses informasi ini kepada semua staf dan membuat pekerjaan mereka jauh lebih produktif. Anda juga dapat memberi tahu dan mengingatkan karyawan tentang tugas yang tertunda atau perubahan terakhir, termasuk daftar periksa di aplikasi, dan lain-lain.

Selain membuat pekerjaan lebih mudah bagi semua departemen dan meningkatkan komunikasi, kita dapat menyertakan sistem skoring bagi karyawan sebagai cara untuk melatih mereka, menghasilkan laporan kinerja.

Analisa big data

Dengan semua solusi tersebut, integrasi IoT, sensor, aplikasi mobile, dan lain-lain. Akan terdapat aliran data yang konstan. Di sini kita tidak akan membahas big data secara mendetail, tapi hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi dalam memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna, meningkatkan efisiensi operasional Anda dan meningkatkan pendapatan Anda. Tentunya semua data ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan perkiraan yang lebih baik.

Kesimpulan:

Transformasi digital mewakili sejumlah besar peluang bagi industri perhotelan, yang menyebabkan perubahan dan pertumbuhan yang hebat. Semakin banyak hotel dan restoran bekerja dengan pengembang perangkat lunak untuk solusi inovatif.

Beberapa pemain besar telah mengadopsi inisiatif digital menggunakan teknologi baru seperti IoT, VR, big data, dan hasilnya cukup jelas; kepuasan tamu yang lebih tinggi, pengalaman yang lebih baik, privasi yang lebih baik dan manajemen yang lebih baik.

Dengan menyediakan ruang kerja digital, anda dapat lebih berpeluang dalam melakukan inovasi secara terus menerus. Inovasi digital merupakan faktor utama dalam persaingan bisnis apapun di era digital sekarang ini.

Silahkan berdiskusi..
Post Tagged with

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This