7-Eleven Indonesia Mengadopsi Teknologi Terbaru

7-Eleven adalah operator waralaba toko serba ada terbesar di dunia, dengan jaringan hampir 55.000 cabang di 16 negara. Pada tahun 2009, 7-Eleven memasuki pasar Indonesia, dengan melihat potensi peluang menguntungkan yang mana tetap memberikan beberapa tantangan. Untuk berhasil di Indonesia, 7-Eleven Indonesia membutuhkan penawaran alternatif yang menarik untuk “warung” mereka dan memasuki “pasar mewah harga terjangkau” yang didorong oleh kenaikan pendapatan orang Indonesia.

adopsi teknologi terbaru 7-eleven Indonesia

Latar Belakang Penggunaan Teknologi Sistem Informasi Terbaru oleh 7-Eleven Indonesia

7-Eleven cabang di Indonesia menawarkan hidangan lokal dan makanan ringan bersama makanan dan minuman khas 7-Eleven Indonesia. Dengan menyediakan Wi-Fi hotspot gratis, tempat duduk di luar dan musik techno, toko-toko 7-Eleven Indonesia telah menjadi tempat nongkrong yang trendi bagi muda-mudi urban di Indonesia.

Dalam rangka mempertahankan keunggulan persaingan, 7-Eleven Indonesia mengembangkan pendekatan teknologi cerdas untuk pemasaran dan perencanaan kapasitas. Secara khusus, raksasa toko waralaba ini telah memiliki sistem analisa informasi untuk mengumpulkan wawasan bisnis yang berharga dari data point-of-sales, termasuk laporan penjualan sebagai sistem turunan dari infrastruktur IT yang lama.

Sistem analisa bisnis asli dibangun menggunakan template standar yang membatasi point-of-sale melakukan analisa data dan tidak mampu menghasilkan wawasan real-time untuk pengambilan keputusan.

Sebuah siklus pengolahan data yang khas melibatkan beberapa putaran analisis manual dari laporan penjualan yang dihasilkan dari sistem yang berlainan dan biasanya membutuhkan 3-6 hari kerja untuk menyelesaikannya. Akibatnya, hal tersebut dapat memakan waktu sekitar tiga bulan untuk merencanakan kampanye promosi, dan ini menghambat upaya pemasaran 7-Eleven Indonesia.

Setelah penilaian yang komprehensif dari sejumlah solusi analisis bisnis di pasar, 7-Eleven Indonesia memilih sebuah platform yang ideal untuk kebutuhan mereka dalam hal fleksibilitas, efektivitas biaya dan kemampuan untuk mengintegrasikan data eksternal. Hasilnya, semua 190 + toko 7-Eleven Indonesia dapat meningkatkan kecepatan dalam melakukan promosi ke pasar.

Adopsi Teknologi Terbaru 7-Eleven Indonesia

Sejak menggunakan teknologi sistem informasi terbaru ini, 7-Eleven Indonesia dapat melihat beberpa manfaat, termasuk:

  • Wawasan Real-time ke dalam proses bisnis
  • Penghematan biaya yang signifikan dan waktu
  • Peningkatan kecepatan penyiapan promosi

Wawasan bisnis yang berharga, secara real time

Dengan solusi IT seperti ini, 7-Eleven Indonesia dapat secara dinamis mengatur aset data, memberikan gambaran yang komprehensif dari semua data internal dan menganalisis kinerja di setiap titik penjualan pada berbagai perspektif. Sistem ini juga dapat menarik data dari sumber eksternal untuk berkorelasi dengan data point of sale untuk memberikan wawasan bisnis tambahan.

Misalnya, dengan mengintegrasikan Yahoo! Weather, 7-Eleven bisa secara akurat meramalkan permintaan pasar dari produk yang berbeda sesuai dengan prediksi cuaca. Ke depannya 7-Eleven juga berencana untuk mengintegrasikan informasi dari operator telekomunikasi untuk memastikan operator yang mana yang terbaik untuk di pasarkan pada setiap wilayah Indonesia.

Secara dramatis meningkatkan efisiensi bisnis

Dengan platform otomatisasi dan antarmuka yang intuitif memungkinkan sistem administrator 7-Eleven Indonesia menghasilkan pandangan yang komprehensif dari semua data hanya dalam beberapa menit, hanya dengan menggunakan fungsi tunggal pada menu pull-down. Hal ini juga memberikan akses bagi pengguna ponsel untuk informasi yang sama, menyediakan mereka visibilitas operasional di mana saja. Analisa data dan pelaporan sekarang berjalan mulus, dengan siklus pengolahan berkurang dari hari ke menit, yang artinya peningkatan ini lebih dari seribu kali lipat dalam hal efisiensi. Ini menghasilkan peningkatan waktu-ke-pasar untuk kampanye baru dan layanan, efektivitas kerja meningkat, operasional lebih cepat dan, tentu saja meraih keuntungan lebih cepat dalam waktu singkat.

Waktu yang dibutuhkan untuk merencanakan promosi berkurang 80 persen

Untuk meningkatkan momentum pemasaran, 7-Eleven Indonesia memiliki lima kampanye promosi terbaru setiap kuartal, mulai dari diskon untuk kopi dan roti dan paket layanan telepon seluler. Dengan menggunakan sistem yang baru, perusahaan hanya membutuhkan dua minggu untuk mempersiapkan peluncuran kampanye. Pengurangan waktu sebesar 80 persen jika dibandingkan dengan sistem sebelumnya. Fleksibilitas dalam teknologi informasi memungkinkan 7-Eleven Indonesia lebih optimis dalam pemasaran, sementara analisa real-time memungkinkan untuk menilai keberhasilan setiap kampanye dengan cepat.

Sebuah masa depan yang sejahtera diberdayakan oleh inovasi IT

Dengan kekuatan analitikal canggih, memungkinkan 7-Eleven Indonesia tetap dapat meluncurkan kreatifitas pemasaran untuk menarik pelanggan lokal. Misalnya,
jika waralaba raksasa ini memiliki rencana untuk mempromosikan nonton bareng pertandingan sepak bola di tempat nongkrong luar toko dalam rangka untuk menambah gairah dan menarik lebih banyak bisnis. Solusi inovasi IT yang mereka pasang dapat memberikan gambaran produk apa saja yang akan laris. Menarik ?

Nah, jika anda para pengusaha waralaba atau yang memiliki outlet usaha berjumlah puluhan sampai ratusan outlet, memang sudah saatnya memanfaatkan jasa konsultan IT terbaik dan berpengalaman untuk menambah gairah bisnis anda.

Silahkan berdiskusi..
Membangun Infrastruktur Hyper Konvergen
Pentingnya Peranan Jasa Konsultan IT untuk Perusahaan Berkembang
Post Tagged with ,

Comments are closed.