Tips Menjaga Keamanan Website

6 Praktik Dasar Dalam Menjaga Keamanan Website Anda

Mengapa cybersecurity sangat penting untuk bisnis online? Lebih dari 80 persen bisnis telah mengalami pelanggaran data. Risiko meningkat untuk bisnis online karena mayoritas transaksi mereka terjadi melalui web. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui praktik terbaik dalam menjaga keamanan website.

6 Cara Dasar Dalam Menjaga Keamanan Website Anda

Dalam masa berbahaya di mana data digital dalam risiko, penting bagi pemilik bisnis online untuk mempelajari strategi menjaga keamanan website yang paling utama. Berikut adalah enam kebijakan untuk menjaga keamanan website yang akan membantu mempertahankan bisnis online Anda:

Lindungi Website Anda dari virus

Menjalankan bisnis online berarti Anda rentan terhadap ancaman digital yang tak terhitung banyaknya. Bot dan penjahat biner lainnya akan mencoba untuk mendapatkan akses ke situs web Anda, sistem Anda, dan data Anda. Hanya karena Anda memiliki sertifikat SSL untuk situs web perusahaan Anda tidak berarti Anda aman dari peretas yang angkuh.

Menjalankan perangkat lunak anti-virus tepercaya dapat membantu Anda mencegah spyware jahat, kode jahat, dan skrip yang tidak bertanggung jawab dalam mempengaruhi bisnis Anda. Pastikan untuk menggunakannya agar situs web Anda aman.

Gunakan ekstensi keamanan jika Anda menggunakan WordPress untuk meng-host situs Anda. Alat tepercaya ini dapat digunakan bersama dengan perangkat lunak anti-virus premium untuk jaringan dan sistem Anda. Setiap CMS (atau sistem manajemen konten) dilengkapi dengan fitur keamanan.

Jika menurut Anda website merupakan faktor penting untuk bisnis perusahaan Anda, maka sebaiknya mulailah lebih memperhatikan keamanan website perusahaan Anda.

Perbarui situs Anda

Tidak ada situs web yang sempurna. Perangkat lunak yang digunakan perlu diperbarui secara terus menerus. Hal ini disebabkan karena selalu ada area yang dapat dieksploitasi oleh peretas untuk mendapatkan akses, menolak layanan, atau mencuri data berharga.

Keamanan situs web berkembang, tetapi demikian juga peretas. Bahkan dengan produk perangkat lunak yang paling aman, masih ada risiko bahwa pelaku jahat akan menemukan cara jahat dan cerdik untuk memanfaatkan kesalahan.

Memperbarui situs web Anda, sistem manajemen konten Anda, dan perangkat perusahaan Anda adalah yang paling penting. Anda harus terus memperbarui core, themes dan plugin website Anda untuk menjaga keamanan website.

Lacak lalu lintas situs web untuk aktivitas mencurigakan

Memantau situs web untuk bisnis online Anda adalah kuncinya. Terutama jika Anda menjalankan situs e-commerce. Anda harus melihat aktivitas mencurigakan sesegera mungkin.

Ekstensi keamanan untuk situs WordPress dapat membantu Anda memantau jenis kegiatan ini. Bahkan, Anda dapat menerima pembaruan rutin pada setiap dan semua aktivitas di situs web Anda, termasuk upaya login admin.

Anda juga dapat meminta bantuan dari agen cybersecurity luar, yang dapat memonitor situs web Anda serta jaringan, perangkat, dan sistem profesional Anda.

Jika Anda tidak memiliki anggaran, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali ekstensi keamanan dan program perangkat lunak yang melacak aktivitas dan melaporkan perilaku yang mengganggu. Anda dapat menggunakan plugin gratisan seperti loginizer untuk hal tersebut.

Amankan jaringan Anda

Setiap bisnis, harus mengamankan jaringan mereka. Ini terutama jika Anda menggunakan jaringan WiFi, yang jauh lebih tidak aman daripada koneksi Ethernet, misalnya.

Siapkan jaringan pribadi virtual (atau VPN) untuk memastikan bahwa Anda memiliki keamanan dari ujung ke ujung. Dengan jaringan pribadi virtual, semua koneksi aman dan terenkripsi. VPN pada dasarnya bertindak sebagai jaringan pribadi yang dibagikan melalui jaringan publik. Mentransfer data jauh lebih aman saat Anda menggunakan VPN.

Buat nama pengguna dan kata sandi yang kuat

Apakah Anda menyimpan kata sandi di lembar Excel? Apakah Anda menggunakan tanggal lahir anak Anda untuk setiap kata sandi? Apakah Anda menyesal mengubah kata sandi Anda? Ini mungkin tidak menyenangkan, tetapi menerapkan kebijakan kata sandi yang direkomendasikan adalah keharusan mutlak, terutama bagi pemilik bisnis.

Gunakan pengelola kata sandi untuk menghasilkan, menyimpan, dan mengubah kata sandi Anda sesuka hati. Dengan pengelola kata sandi, tidak ada alasan. Semua kata sandi tersimpan dalam file terenkripsi sehingga Anda tidak perlu khawatir peretas mencuri informasi melalui pengelola kata sandi.

Kata sandi hanya setengah dari persamaan. Pastikan untuk membuat nama pengguna yang tidak jelas juga. Misalnya, login Anda untuk admin situs web tidak boleh menjadi ‘admin.’ Skrip berbahaya akan mencoba masuk ke situs web Anda dengan nama pengguna dan kata sandi yang umum.

File cadangan harus dijaga agar tetap aman

Anda tidak pernah tahu apa yang bisa hilang dari kejadian tak terduga. Pastikan untuk membuat cadangan semua file Anda secara bulanan, mingguan, atau bahkan setiap hari.

Seorang hacker dapat dengan mudah masuk dan menghapus file-file penting. Terkadang pelanggaran yang menghancurkan seperti ini tidak bisa dihindari. Bersiaplah untuk yang terburuk dengan membuat cadangan semua file Anda sesering mungkin.

Jangan lupa bahwa file cadangan Anda juga berisiko. Simpan cadangan ini pada disk yang dienkripsi dan aman sehingga cadangan Anda aman.

Kesimpulan

Pemilik bisnis online harus mengambil masa depan keamanan online mereka ke tangan mereka sendiri. Dalam zaman ini, peretasan dapat menjadi penyebab kehancuran bisnis Anda. Sudah banyak perusahaan yang mengalami serangan cyber dan gulung tikar.

Lindungi diri Anda dari virus seperti Trojan dengan memanfaatkan ekstensi anti-virus, plugin, dan program perangkat lunak. Pastikan semuanya selalu mutakhir, dari versi CMS situs web Anda ke perangkat lunak anti-virus Anda.

Gunakan alat keamanan pihak ketiga sehingga Anda dapat mengawasi perilaku mencurigakan. Strategi ini, ketika digunakan bersama dengan kata sandi dan kebijakan nama pengguna yang disarankan, akan membantu menjaga situs web Anda tetap bersih.

Bisnis dari setiap ukuran juga harus mengamankan jaringan mereka. Siapkan VPN untuk membuat setiap koneksi ke jaringan Anda aman dan pribadi.

Jika Anda adalah korban dari pelanggaran data, Anda dapat memulihkan dengan cepat dengan menggunakan file cadangan yang aman dan bersih dari virus.

Selama Anda mencadangkan file Anda secara teratur, Anda tidak akan menderita kerugian yang tidak dapat diperbaiki.