Investasi Data Center, Berapa Biayanya ?

Data center adalah ruangan khusus untuk server yang terkoneksi dengan internet. Di tahun 2016 ini semakin banyak perusahaan yang membutuhkan ruangan data center ini terutama di kota besar seperti di Jakarta, Indonesia.

Data center sudah menjadi kebutuhan utama para perusahaan besar di Indonesia, karena data perusahaan memiliki nilai penting bagi perusahaan itu sendiri dan mayoritas data perusahaan tersimpan dalam bentuk elektronik,oleh karena diperlukan kapasitas besar dan kecepatan untuk akses data.

Data-data elektronik tersebut selain di simpan, juga harus di back-up pada suatu lokasi luar kantor yang lebih aman dan terjaga 24 jam baik dari serangan cyber maupun hal force majeur. Dan ada baiknya apa bila lokasi data center tersebut berada di luar lokasi gedung yang tidak terkontrol keluar masuknya orang, atau lebih baik membangun data center di gedung sendiri.

Nah.. lantas berapa biaya data center yang lebih aman dan terjaga seperti yang dimaksud ?

Nilai Investasi Data Center

Diluar pembangunan gedung dan akuisisi lahan yang senilai puluhan milyar, tentunya dibutuhkan jasa konsultasi data center dan kontraktor data center yang berpengalaman dengan nilai investasi jasa tersebut yang berkisar milyaran rupiah.

investasi data center vs sewa data canter

Perbandingan investasi data center vs sewa data canter

Selain itu dibutuhkan infrastruktur dan perangkat jaringan. Infrastruktur gedung data center juga tidak bisa sembarangan, sangat dibutuhkan dual power untuk menjaga stabilitas catu daya dan juga cooling water plant untuk pendinginan mesin-mesin dan perangkat ruagan server di data center.

Investasi infratruktur dan perangkat ini berkisar USD 1000 sampai USD 3000 per meter persegi. Jika 1 cabinet memerlukan 20M2 maka total investasi untuk 1 cabinet sekitar USD 20.000 sampai USD 60.000 atau rata-rata sekitar USD 40.000 per cabinet. Gambar diatas dapat anda lihat pada tools perbandingan data center.

Perbandingan Membuat Data Center dengan Sewa Ruangan Data Center

Terlihat pada gambar diatas, jika hanya membutuhkan 27 cabinet maka investasi data center akan lebih mahal biayanya ketimbang dengan menyewa ruangan data center, apalagi jika hanya membutuhkan 1 sampai 10 cabinet server saja maka dengan sewa ruangan data center perusahaan anda dapat melakukan penghematan jauh lebih besar ketimbang membangin data center sendiri.

Oleh karena itu, sebelum perusahaan anda memutuskan untuk membuat data center sendiri ada baiknya mencermati kebutuhan data center tersebut apakah dapat optimal bagi keuangan dan kelangsungan bisnis. Pada prinsipnya, data center merupakan biaya operasional perusahaan dan jika dengan membangun data center sendiri tidak dapat merubah CAPEX menjadi OPEX maka sebaiknya perusahaan anda menyewa ruangan data center atau co-location data center yang dapat menghemat milyaran rupiah atau 80% lebih hemat pada modal.

Data Center Tier III

Data center harus dapat diandalkan dari beberapa faktor, dengan kunci penilaiannya ada pada perbandingan up time dan down time. Dalam hal ini data center yang sudah di sertifikasi dengan Tier III memberikan kestabilan dengan tingkat downtime yang sangat sedikit yakni hanya 14 detik down-timenya per hari selama 24 jam atau dengan nilai up time 99.98%.

Tentunya data center Tier III dapat diandalkan untuk memaksimalkan akses data perusahaan.Selain dibuthkan infrastruktur yang handal, juga diperlukan para profesional IT seperti CIO (Chief Information Officer), Network Engineer, dan staff profesional lainnya. Ini juga merupakan suatu pertimbangan penting sebelum melakukan investasi data center.

Demikian informasi mengenai biaya investasi data center dan bagi perusahaan besar yang memang membutuhkan ruangan data center, sekali lagi ada baiknya membuat perbandingan kebutuhan tersebut dengan menyewa ruangan data center di Indonesia.

Biaya Investasi Data Center
Biaya Investasi Data Center
Bagi perusahaan yang membutuhkan data center, selain membangun data center sendiri ada baiknya cermati perbandingan dengan menyewa data center.
Silahkan berdiskusi..
Jual Rumah di Pejaten Barat, Jakarta Selatan
Pertumbuhan Indeks Evolusi Digital Indonesia 2016

Comments are closed.