8 Tanda Bahwa Bisnis Anda Harus Menggunakan Jasa Konsultan IT

Manajemen IT sangat penting untuk operasi bisnis. Sistem harus selalu berfungsi dengan baik. Menjaga operasi IT dapat menjadi sulit dan mahal sementara menguras fokus untuk mencapai tujuan utama bisnis. Pelajari tanda-tanda bahwa perusahaan anda harus mulai menggunakan jasa konsultan IT sebelum mengalami masalah.

Kenali Tanda Bahwa Bisnis Anda Mulai Perlu Menggunakan Jasa Konsultan IT

Seperti yang kita ketahui bahwa operasional IT merupakan tulang punggung bisnis modern yang menjadi rutinitas sehari-hari. Dibalik rutinitas tersebut, jika ada sedikit hal yang berpotensi dapat menimbulkan masalah, maka perlahan namun pasti akan terjadi dan semakin besar. Jika ini terjadi, maka kinerja di perusahaan anda dapat menurun. Dan jika perusahaan anda melayani publik, seperti layanan pemerintahan, restoran, hypermart dan usaha sejenisnya, maka penurunan kinerja tersebut langsung terasa oleh para pelanggan.

Kenali Tanda Bahwa Bisnis Anda Mulai Perlu Menggunakan Jasa Konsultan IT

Anda mungkin sudah akrab dengan jasa konsultan IT , atau MSP (managed services provider). Layanan ini mengambil alih banyak tugas sehari-hari yang terkait dengan pengelolaan departemen IT. Tergantung pada ukuran bisnis, MSP bahkan dapat bertindak sebagai departemen IT anda. Penggunaan MSP terus meningkat, secara signifikan, karena layanan ini dapat menurunkan biaya operasional, meningkatkan kinerja operasional, dan memberikan solusi keamanan yang cerdas di era di mana keamanan IT dapat hidup atau mati untuk pada sebuah perusahaan. Tapi bagaimana anda bisa tahu apakah bermitra dengan MSP adalah pilihan yang tepat untuk bisnis anda, atau kapan waktu yang tepat untuk melakukannya?

Berikut adalah tanda-tanda bahwa anda membutuhkan penyedia jasa managed services.

1. Turnover Tinggi atau Dedikasi rendah di Departemen IT

Adalah motto departemen IT anda, “Terlalu banyak bekerja dan kurang dihargai”?. Ini merupakan sebuah tanda bahwa anda perlu membebaskan beberapa kesibukan dengan mengalihkan pekerjaan ke penyedia jasa managed service. Jasa outsourcing IT dapat mengambil alih tugas-tugas seperti pemantauan kinerja sistem, merawat komunikasi pengguna, menjaga dukungan sistem dan memperbarui dengan patch terbaru, dan kerja IT rutin lainnya. Ini dapat mengurangi tekanan staf IT dari terlalu banyak bekerja dan membantu anda memberikan lingkungan kerja sehat dan bahagia, yang pada gilirannya akan meningkatkan kemampuan anda untuk merekrut profesional IT berbakat untuk perusahaan anda.

2. Kurangnya Perencanaan atau Pelaksanaan Strategi IT Jangka Panjang yang layak

Apakah tim Anda sulit untuk untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti, “Bagaimana strategi mobile untuk perusahaan?” atau, “Apa rencana jangka panjang untuk memanfaatkan cloud?” atau, “Kapan perusahaan akan menjadi setara dengan kompetisi di era Big Data?” Jika perencanaan untuk masa depan dikesampingkan, hanya agar IT dapat bertahan hidup untuk saat ini, hal ini dapat melumpuhkan kemampuan perusahaan untuk tetap kompetitif dari waktu ke waktu. Sebuah jasa managed services dapat meringankan sebagian besar masalah yang Anda hadapi saat ini. Sehingga departemen IT anda dapat kembali fokus pada perencanaan untuk masa depan dan melaksanakan strategi-strategi yang brilian.

3. Menggunakan Banyak Pekerja Temporer

Penggunaan banyak pekerja temporer merupakan tanda pasti bahwa anda mengalami kekurangan. Hal ini dapat menjadi hasil dari point ke-1 diatas (turnover tinggi dan dedikasi yang rendah), atau bisa menjadi tanda bahwa bisnis anda tumbuh lebih cepat namun kurang bersaing dalam hal perekrutan. Menemukan profesional IT tidak mudah, terutama di bidang keahlian tertentu, seperti mainframe, pengembang, analis, dan spesialis keamanan. Jasa konsultan IT dapat memberikan anda akses ke keterampilan yang tepat dengan tingkat pengalaman yang anda butuhkan. Dengan menggunakan jasa konsultan IT maka perusahaan anda dapat terlepas dari ketergantungan pada pekerja temporer dimana memiliki kekurangan tertentu terhadap kualifikasi yang dibutuhkan.

4. Butuh Ekstra Staf untuk Sebuah Proyek

Proyek jangka panjang sering merupakan hal yang rumit. Karena selama beberapa minggu atau bulan anda akan membutuhkan lebih banyak pekerja IT. Namun setelah itu anda tidak dapat menjanjikan mereka pekerjaan tetap. Itu tidak adil untuk para pekerja. Sebuah jasa managed IT services bisa memberikan bantuan terhadap kebutuhan selama proyek berlangsung.

5. Terlalu Terbebani Dengan Berbagai Vendor IT dan Kontrak

Jika terlalu terbebani dnegan beberapa kontrak, vendor, dan layanan IT, saatnya untuk mengkonsolidasikan. Penyedia layanan managed services dapat menyediakan seluruh layanan yang anda butuhkan. Semua di bawah satu payung – dan satu biaya bulanan. Anda dapat berhenti mengambil layanan baru, vendor, dan kontrak setiap kali anda perlu sesuatu dilakukan, dan mulai bermitra dengan MSP yang bisa memberikan semua dukungan ekstra yang anda butuhkan. Ini juga merupakan salah satu keuntungan menggunakan jasa konsultan IT.

6. Pengguna Mengeluh Tentang Lambatnya Layanan IT di Perusahaan Anda

Ketika pengguna mengeluh karena terlalu lama untuk mendapatkan peralatan yang dipasang atau untuk memecahkan masalah, saatnya untuk mendapatkan bantuan untuk departemen IT dengan menyediakan layanan IT yang handal. Jika anda menggunakan jasa konsultan IT maka permintaan layanan dan masalah help desk dapat mereka ambil alih, sehingga departemen IT anda dapat fokus pada aspek inti dari maksud dan tujuan perusahaan.

7. Sering Menemui Kesulitan Dalam Memonitor Pekerjaan di Cabang

Jika bisnis anda memiliki banyak cabang yang tersebar di beberapa wilayah, tentu akan terlalu sulit untuk mengetahui kondisi mereka. Dengan menggunakan jasa konsultan IT anda dapat memecahkan masalah tersebut melalui sebuah sistem terpusat. Sistem tersebut akan banyak berguna dalam mendukung kebutuhan bisnis anda di masa depan.

8. Belanja Perangkat IT Selalu Tinggi

Untuk mendapatkan efisiensi dalam anggaran belanja IT, perusahaan perlu mengetahui infrastruktur IT mereka. Dalam hal ini dengan menggunakan jasa konsultan IT maka perusahaan anda dapat mengetahui bagaimana untuk mengoptimalkan infrastruktur IT. Jika infrastruktur IT sudah optimal tentu dapat lebih selektif dalam membeli perangkat IT apa saja yang dibutuhkan.

Bisnis Saat Ini Tidak Bisa Lepas dari Jasa Konsultan IT

Kenali tanda kapan perusahaan anda mulai memerlukan untuk menggunakan jasa konsultan IT agar bisnis anda dapat terus berkembang pesat. Selain mengenali 8 tanda tersebut, selanjutnya juga perlu untuk mempelajari cara memilih jasa konsultan IT karena anda akan terlibat kontrak tahunan.

Untuk perusahaan menengah, anda akan sangat di untungkan dari segi efisiensi dan investasi. Anda tidak perlu investasi perangkat data center yang dapat memakan investasi hingga ratusan milyar. Dan perusahaan anda dapat terbebas dari inefisiensi dalam mempekerjakan karyawan tetap, terutama untuk para perusahaan besar yang memberikan uang pensiun milyaran rupiah per karyawan.

Menggunakan jasa managed services tidak berarti harus mengganti karyawan IT anda. Akan tetapi karyawan IT anda akan lebih di untungkan, mereka dapat mengembangkan karir dan lebih berdedikasi kepada perusahaan. Sehingga perusahaan anda memiliki daya saing dalam perekrutan profesional IT, dimana merekrut profesional IT yang tepat semakin sulit dari hari ke hari. Jangan menunggu sampai operasional bisnis anda terhambat.

Silahkan berdiskusi..

2 Responses so far.

  1. […] Kenali tanda kapan perusahaan anda mulai memerlukan untuk menggunakan jasa konsultan IT agar bisnis anda dapat terus berkembang pesat.  […]

  2. […] pada manajemen perusahaan anda, pengembangan software tidak lagi menjadi isu. Anda dapat mengambil jasa konsultan IT dalam bidang Development dan Operational Support, alias jasa IT managed services. Sehingga, team […]

Pin It on Pinterest

Share This