10 Kriteria Penting Dalam Memilih Jasa Managed IT Services

Banyak perusahaan menengah yang menggunakan jasa IT managed services mengalami Memilih Jasa IT Managed Servicespeningkatan drastis dalam bisnisnya, hal ini seiring dengan kemudahan dan kelancaran serta hilangnya keruwetan dalam mengelola dan mengatasi keterbatasan sarana IT yang sangat mendukung proses kerja bisnis modern saat ini.

Potensi keuntungan terbesar dalam menggunakan jasa managed services dapat dicapai hanya dengan memilih provider managed services yang tepat dimana para penyedia dapat mendemonstrasikan keahlian, proses dan sumberdaya yang melebihi apa yang perusahaan anda miliki saat ini.

Kriteria Penting Dalam Memlih Jasa IT Managed Services

Ketika mengevaluasi penyedia jasa managed services sangat penting untuk mengetahui 10 kriteria dibawah ini agar dapat membantu anda dalam membuat keputusan.

  1. Pengalaman dan Keahlian

    Perusahaan jasa managed IT services secara mendasar harus memiliki keahlian yang lebih dari sekedar standar pada pemeliharaan sistem operasi dan manajemen ketersediaan. Cari informasi mengenai level keahlian mereka dalam manajemen perubahan yang kerat kaitannya dengan skalabilitas dan anggaran investasi perangkat IT, virtualiasi, pengelolaan database, integrasi antar beberapa platform, beberapa teknologi jaringan, mobilty, keamanan, dan teknologi cloud.
    Perlu juga cari informasi mengenai sertifikasi keahlian yang mereka miliki, tanyakan tentang skalabilitas dan ketersediaan staf dengan keahlian khusus, bagaimana staf ahli mereka mengatur dan berbagi pengetahuan, dan bagaimana penerapan terbaik mereka komunikasikan ke anda. Dengan cara yang sama, para penyedia jasa IT Managed Services harus memiliki keahlian yang mendalam pada seluruh aspek, tidak hanya pada lingkup managed services dan cloud saja tapi juga harus mencakup IT tradisional dan strategic outsourcing. Dengan cara ini, perusahaan IT Managed Services dapat menolong anda dalam meng-integrasikan strategi multioutsourcing sesuai kebutuhan anda.

  2. Pendekatan Proaktif Berbasis Teknologi

    Cari tahu apakah penyedia jasa managed IT services tersebut memiliki cara kerja “rusak dulu baru perbaiki” atau mereka memiliki cara kerja dengan pendekatan proaktif yang menekankan pencegahan masalah dan perbaikan terus-menerus agar dapat memberikan performa optimal pada lingkungan IT anda. Carilah perusahaan Managed IT Services yang tidak hanya menggunakan sistem pemantauan dan manajemen perangkat yang standar, misalnya : menggunakan teknologi canggih seperti tools untuk analisa tingkat lanjutan yang dapat memberikan informasi pencegahan downtime dengan menganalisa pola kerusakan pada seluruh platform dan proses dan dapat memberikan visibilitas mengenai area yang perlu diperbaiki atau di tingkatkan.
    Penyedia jasa managed service harus menggunakan teknologi back-end yang canggih seperti otomatiasi di semua aspek pengelolaan yang mereka tawarkan. Carilah teknologi yang menyediakan kemampuan seperti mekanisma peringatan otomatis, pembagian prioritas beban kerja secara otomatis, eskalasi kejadian failure dan perbaikan. Tanyakan juga tingkatan sistem otomatisasi yang mereka gunakan untuk mengurangi intervensi dari staff sekaligus meningkatkan kualitas dan produktifitas.

  3. Sesuai dengan Standard Praktik Terbaik

    Sebuah kunci untuk mencapai fasilitas IT yang lebih handal adalah dengan mengoptimalkan manajemen infrastruktur IT. Perusahaan managed I.T. Services harus menggunakan standar praktik terbaik pada indsutri teknologi informasi dalam mengelola sumberdaya IT para clientnya, khususnya harus selaras dengan pendekatan yang dijelaskan oleh Information Technology Infrastructure Library untuk IT Managed Services. Praktek terbaik tersebut mencakup masalah, kejadian, perubahan, konfigurasi, persediaan, kapasitas dan kinerja manajemen serta pelaporan yang canggih dan memuat analisa-analisa yang dapat mengakomodir informasi bagi top level management. Praktik terbaik saat transisi dari pengelolaan yang dilakukan sendiri oleh manajemen perusahaan ke penyedia jasa Managed IT Services merupakan area penting untuk diketahui lebih lanjut secara menyeluruh.

  4. Memiliki Proses yang Konsisten, Manajemen Pengetahuan, dan Visibilitas Layanan

    Perusahaan managed services seharusnya dibangun diatas proses yang konsisten dengan kejelasan tertulis dan memiliki metodologi yang baik dalam mengantarkan layanan mereka. Penyedia managed it services harus bersedia untuk berbagi contoh kebihjakan dan proses dokumentias serta menjelaskan bagaimana replikasinya dibeberapa area pada lingkungan sistem IT. Demikian pula para penyedia jasa managed service harus memiliki sistem manajemen pengetahuan yang memungkinkan stad dari lokasi manapun dapat mengakses riwayat permasalahan dan informasi penangannya.
    Juga sangat penting untuk melihat sarana visibilitas yang diberikan oleh penyedia jasa managed service baik mengenai kesehatan infrastruktur IT maupun kinerja layanan yang dikeloka. Dengan keamanan yang terupdate, layanan terkait dapat dikonsolidasikan pada sebuah dashboard tunggal yang memberikan visibilitas secara real-time dan memberikan kemampuan pelaporan yang cepat dan fleksibel.

  5. Mendukung untuk Lingkungan Multivendor

    Infrastruktur IT biasanya heterogen atau terdiri dari banyak unsur, seperti pada lingkungan hybrid yang terdiri dair perangkat keras, perangkat lunak, produk jaringan, dan cloud – dari beberapa vendor yang berbeda. Sebuah penyedia jasa solusi IT harus memiliki pengalaman terbukti bekerja pada lingkungan hybrid multivendor serta memiliki hubungan dekat dengan vendor terkemuka untuk membantu memastikan kesanggupan mereka dalam meberikan evolusi teknologi di perusahaan anda. Dalam hal ini sebuah jasa managed service seperti Elitery yang juga merupakan operator dan konsultan data center di Indonesia dimana memiliki kedekatan hubungan dengan para vendor seperti Schneider Electric, Huawei, dan Fujitsu dapat diandalkan untuk mengantarkan perusahaan anda pada level utilitas IT yang lebih tinggi.Bidang Jasa IT Managed Service, Business IT Solutions

  6. Pelayanan Global yang Konsisten Dengan Pilihan Sumber Daya Lokal

    Memilih penyedia jasa managed IT services dengan kemampuan global dapat menukung perkembangan dan perluasan perusahaan pada era ekonmi digital saat ini. Dengan kemampuan bekerja secara global maka penyedia jasa manage IT service terbut dapat menawarkan banyak kelebihan seperti implementasi yang cepat di tiap lokasi usaha anda yang baru, mampu mengelola fasilitas IT usaha anda secara efektif dibeberapa lokasi / cabang / wilayah / negara dan dapat memahami peraturan yang diterapkan oleh pemerintah lokal secara menyeluruh sesuai dengan bidang layanan yang mereka berikan.

  7. Perjanjian Tingkat Layanan Berbasis Kinerja (SLA)

    Sebuah keuntungan yang signifikan dari jasa managed services adalah bahwa tanggung jawab terhadap kinerja terletak pada penyedia jasa managed services. Anda dapt berfokus pada apa yang ditawarkan dan bagaimana layanan tersebut dilakukan. Disamping itu, hal ini juga dapat mendukung penyedia layanan tersebut ber-inovasi, meningkatkan kualitas layanan serta menghemat biaya baik bagi perusahaan anda maupun perusahaan penyedia jasa managed service itu sendiri. Pada akhirnya, penyedia jasa managed IT service harus dapat berkomitmen melakukan kontrak untuk memenuhi tingkat layanan yang anda syaratkan.

  8. Memiliki Portfolio yang selaras dan model bisnis anda

    Karena bisnis dan kebutuhan teknologi informasi di perusahaan anda terus berubah, fleksibilitas diperlukan untuk menambah layanan managed service tanpa harus menambah biaya yang tidak diperlukan dan kerumitan pada strategi outsourcing yang diterapkan. Banyak organisasi menemukan bahwa dengan menggunakan beberapa penyedia jasa managed services dapat membuat biaya bengkak dan membuat urusan semakin rumit. Meskipun memilih penyedia jasa managed services berdasar keahlian tersendiri dengan memilih yang terbaik pada tiap-tiap aspek yang dikelola terlihat dapat memberikan kinerja optimal akan tetapi ini dapat menghambat kelincahan dalam aktivitas keseharian dan membuat perubahan yang perlu dilakukan menjadi semakin sulit.
    Untuk memberikan fleksibilitas di masa depan, langkah yang dapat ditempuh adalah dengan memilih jasa managed service yang memberikan layanan solusi lengkap untuk kebutuhan anda, mulai dari infrastruktur IT sampai pengelolaan. Penyedia jasa complete managed IT service dapat memberikan fleksibilitas pada seluruh proses bisnis anda.

  9. Memiliki Pandangan Teknologi Kedepan dan Sanggup Melakukan Inovasi

    Dengan kemitraan strategis yang semakin lazim, penting untuk mempertimbangkan dampak hubungan outsourcing tersebut dapat sesuai dengan budaya perusahaan anda selain memberikan hasil nyata pada jasa yang diberikan. Jika inovasi dan transformasi merupakan komponen penting dari strategis bisnis perusahaan anda, maka calon penyedia jasa managed IT service harus dapat berkontribusi dalam hal ini dan harus memiliki wawasan cukup atau pengalaman yang dapat menjelaskan pegeseran teknologi atau pasar di masa depan. Carilah informasi mengenai keuntungan kompetitif yang dapat anda peroleh dari bekerjasama dengan mereka semisal dengan fungsi penelitian dan pengembangan yang dimiliki oleh penyedia jasa managed IT services tersebut, dan lihatlah apakah mereka sedang memperluas ke segmen market yang lain ? ini dapat menjadi parameter keandalan perusahaan managed service tersebut.

  10. Stabilitas Keuangan dan Reputasi

    Tentunya keputusan menggunakan jasa managed service dari pihak luar bersifat jangka panjang, dalam hal ini perusahaan perlu melihat kestabilan keuangan dan reputasi perusahaan penyedia jasa managed service tersebut, sehingga dapat mencegah terjadinya kegagalan dalam tujuan mencapai perubahan teknologi informasi yang lebih baik. Salah satu ciri perusahaan managed service yang memiliki reputasi yang baik adalah bahwa mereka mampu memberikan informasi hasil kerja mereka baik di website maupun pada company profile mereka.

Selalu cari informasi mengenai client-client perusahaan jasa managed IT service tersebut, apa tantangan yang diberikan kepada mereka, apa layanan solusi IT yang mereka berikan, dan bagaimana dampak atau hasilnya pada bisnis client mereka, terutama jika mereka memiliki client yang merupakan perusahaan ternama maka anda tidak akan terlalu sulit menilai kemampuan dan fleksibilitas perusahaan jasa IT managed sevices tersebut.

Silahkan berdiskusi..
Post Tagged with ,

2 Responses so far.

  1. […] satu aspek yang paling sulit dalam menjual jasa managed services adalah menunjukkan pengembalian atas investasi (ROI) bagi pengguna akhir. Pengguna akhir […]

  2. […] merasa masih dilayani oleh manajemen hotel anda dan ini merupakan salah satu keuntunngan memakai jasa managed services bagi usaha […]

Pin It on Pinterest

Share This